Minggu, 11 Januari 2009

Cara Membudidayakan Jamur Merang

Nie....bagi para pecinta alam tapi juga menghasilkan uang.......kalian bs pake ni usaha...
yessss....nanem jamur merang. Emang agak aneh sih...tapi justru keanehan itu membuat peluang bisnis semakin besar karena masih sedikit orang yang kepikiran usaha ini....hehe....let's do it....(sok british hehehe...)
bahan:

Jerami padi
Abu sekam padi
Air kapur sirih
Bedeng-bedeng atap dari daun kelapa
Sebidang tanah yang dekat perairan



pembibitan :
1. cari jamur payung di peranian bibit jamur merang
2. iris-iris jamur, payungnya saja lalu masukkan dalam panci siramlah air hangat supaya steril
3. aduk abu sekam, sekam mentah dan irisan jamur dicampur air bersih dengan banyak irisan 3/4 Kg. Tutup rapat pada tempat teduh selama 2-4 hari
4. setelah 2-4 hari dibuka tutupnya akan terlihat serabut benang putih seperti sarang laba-laba. Apabila tidak terlihat serabut putih berarti gagal.

cara :
1. Jerami padi, abu sekam, sekam padi dicampur air kapur yang banyak diaduk-aduk merata, dikomposkan dulu 3-4 hari hingga membusuk.
2. Buatlah bedengan jerami padi yang sudah dikompos diikat, ditumpuk melintang bersilangan 2 lapis diatas tanah ukuran 5 X 1 meter, beri alas batu bata/ batu kali tinggi 20 cm
3. Selang 2 lapis susunan merang jerami taburlah sekam segar, abu sekam di atas permukaan, siramlah 1 kaleng minyak tanah di atas permukaan.
4. Taburkan bibit jamur merang secara merata ditepi permukaan bedengan, ditutup dengan sekam tipis-tipis saja. Siramlah dengan air secukupnya pergunakan gembor air.

Perawatan dan Panen
1. Bedengan disiram air bersih 1 minggu pagi dan sore. setelah itu selang 2 hari sekali diatur suhunya supaya konstan (bila kurang air disiram lagi/ bila lebih maka katup jendela dibuka)
2. Setelah 20 hari, jamur-jamur sudah tumbuh dan siap dipanen. Panen dapat dilakukan terus menerus sampai 3 bulan hanya membutuhkan pembbibitan baru laagi.

106 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Bagaiamana membuat bibitnya

    BalasHapus
  3. mohon didikan mas sains. agar saya bisa membudi dayakan serta bs jd peluang usaha buat saya.

    BalasHapus
  4. mohon binbinganya agar saya bisa menjaga kwalitas jamur saat pemasaran

    BalasHapus
  5. saya lagi butuh bibit jamur merang, bisa beritahu saya dimana bisa dapet, i live in jambi jadi yang deket dgn jambi aja. my mail.tria.safe@gmail.com

    BalasHapus
  6. saya butuh bibitjamur merang, bisa beritau saya dimana biar saya bisa mendapatkannya lokasi saya dimadiun. bisa kirim imail Prong_bh@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. buat temen2 yg nanya lokasi bibit, maaf.. saya kurang tau kondisi di daerah masing2.. karena kita tidak se domisili.. mungkin KUD setempat bisa membantu.. thankz

    BalasHapus
  8. Saya petani jamur merang tingkat pemula, tapi saya merasa kaget setelah membaca artikel saudara kok media tanam disiram dengan minyak tanah? apa fungsinya? apakah nanti tidak menimbulkan radiasi pada jamur itu sendiri? mohon dijelaskan (Al-husnablogspot.blogspot.com)

    BalasHapus
  9. BAGAIMANA CARA MEMBUAT BIBIT JAMUR MERANG???

    BalasHapus
  10. Pembubudidaya jamur merang, tiram di Depok,
    menjual bibit, dan jamur segar.
    hubungi: Idris 021-33044228

    BalasHapus
  11. pada pak jamur, bagaimana cara menjual / memasarkan jamur merang itu? kalau bisa buat tapi tidak pandai menjualkan payah. tolong saya di bantu pak. email saya : mohharno@hotmail.com.

    BalasHapus
  12. kalau boleh tau berapa umur bibit jamur merang sampai dia ga layak pakai,dan gimana perawatanya. tolong saya di bantu, email saya : agung_purwanto@ymail.com

    BalasHapus
  13. wahh...niy dia yg saya tunggu... bertani jamur merang untuk bisnis...siapa tau bisa menjadi usaha jangka panjang dan bisa diandalkan...

    BalasHapus
  14. bibit jamur gudang ny di karawang cb dtng ja ke cilamaya mayoritas ny padi ma jamur

    BalasHapus
  15. pngn info lbh jauh lg send me e mail ja ke kcc_computer_krw@yahoo.com

    BalasHapus
  16. PNGN INF TMP BIBIT JAMUR DAERAH SBY. BERAPA UMUR JAMUR DARI DIPANEN SMP TIDAK LAYAK KONSUMSI. SY INGIN COBA KLU BERHASIL BANTU PEMASARANNYA YA ?!

    BalasHapus
  17. saya juga mau belajar usaha jamur merang.saya tinggal di semarang apakah ada tempat untk belajar ya pak?kalo ada di daerah mana ya sbb saya ingin belajar lihat langsung prosesnya biar lbh jelas.e mail saya: romeo_7374@yahoo.com.my

    BalasHapus
  18. kra kra byak modal g.?ni email ak.<ardyyansyah70@yahoo.co.id

    BalasHapus
  19. saya tinggal di daerah pantura,apakah bisa membudidayakan jamaur merang dg air yg asin dan cuaca yg panas?tolong bls ke email sy.fira_cantik2002@yahoo.com

    BalasHapus
  20. budi daya jamur merang mudah dan menyenangkan..

    BalasHapus
  21. trima ksh infonya. tp d makassar cara mendapatkan bibitnya d mana ya...?

    BalasHapus
  22. pelatihan dgn cara tenaga ahli datang ke kumbung anda,,untuk wilayah jabotabek...call 081384719035

    BalasHapus
  23. untuk wilayah sumatera selatan dimana bisa mendapatkan bibit jamur merang?

    BalasHapus
  24. Zein_cat@yaho.Co.Id27 September 2010 20.07

    Y9 in9in aq tanyain,knapa musti pake'minyak tanah?
    Fun9sinya buat apa?
    Trus,mslh t4,itu berada didlm or luar ruan9an?
    Thank's..

    BalasHapus
  25. numpang tnya sob, klo d sby cocok gak tuh buat budidaya jamurnya? dah ada blm yg jual bibitnya?
    (furqonuddin @gmail.com)
    mhn d bls, thx

    BalasHapus
  26. Pusat Pelatihan jamur di sekitar Ibukota..:

    1.Pelatihan jamur Merang
    2.Pelatihan jamur Tiram
    3.Penjualan bibit
    4.Pemasaran

    contact person 081316371609 (Raden)

    BalasHapus
  27. teman2 yg melihat peluang usaha, kami menyediakan media pemasaran nya...

    BalasHapus
  28. proy..prok....prok....tolong bantu yaaa....caranya kok pake minyak tanah sih aku jadi bingung nih......

    BalasHapus
  29. tolong dimuat juga suhu konstan yang dibutuhkan

    BalasHapus
  30. mas,tolong dong taampilkan cara dan gambar jamur budi daya jamur merang , saya tertarik di bisnis ini dan tolong kirim kan ke email saya :iskandar_juanda@yahoo.co.id

    BalasHapus
  31. sama mas kalo nggak kebertan,tolong dong taampilkan cara dan gambar jamur budi daya jamur merang , saya tertarik di bisnis ini dan tolong kirim kan ke email saya :firman_2112@yahoo.com, terimakasih sebelmnya

    BalasHapus
  32. bagaimana cara buat bibit jamur merang??

    BalasHapus
  33. saya mau nanya sekam itu apa/bentuknya bagaimana,makasih?

    BalasHapus
  34. tolong berikan saya penjelasan yang rinci mengenai 1. cara mengikat, 2. kok pakai minyak tanah?, 3. cara buat bibit, cara peletakan jerami? tolong.....

    BalasHapus
  35. membuka pelatihan dan Kumbung Investasi di Cikarang Utara - Bekasi
    08561763351

    BalasHapus
  36. assalamualaikum,
    jika ada yg berminat untuk berbagi ilmu tentang jamur tiram.
    bisa nge add di dhe_fka@yahoo.co.id

    mohon bantuannya agar kita bisa memanfaatkan ilmu menjadi ilmu yg bermanfaat.
    amien
    wassalamualaikum wr. wb

    BalasHapus
  37. tolong mas minta bentuk gambar budi daya jamur merang.

    BalasHapus
  38. ?????????????????

    BalasHapus
  39. Saya petani jamur merang sampai saat ini saya sudah punya 5 kubung jamur merang...membaca apa yang di pa2rkan di atas ko banyak hal yang berbeda ya?dari cara penanaman sampai medianya juga..klo media emang benar pake jerami, sekam ama kapur tapi itu z masih kurang...

    BalasHapus
  40. pa kalau d daerah aq ko jamur merangnya kecil-kecil,padahal deket sawah loe kenapa yach????????


    kalau ada solusi tolong hubungi aku d nomor hp:

    087727171727 tolong aku yach,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  41. tempat dekat sawah tidak menjamin si jamur bisa tumbuh bagus...klo misalkan tumbuhnya kecil2 pasti ada bahan baku yg kurang taw dari metode tanamnya yg salah...

    BalasHapus
  42. pak or2 saya seorang petani jamur merang pemula..og jamur yang d'tanam yang tumbuh ko mlah jamur liar ya,,padahal dah ganti bibit..tolng bnatu y pak..terima kasih

    BalasHapus
  43. om piye ki carane tuku bibit,e jamur merang,e..?

    BalasHapus
  44. kami membuka pelatihan cara pembuatan log jamur tiram dan kuping, menjual bibit jamur merang,tiram, dan kuping, menjual jamur merang segar stok ada banyak. hubungi 02749260031

    BalasHapus
  45. mas mas n mbak mbak yang mengerti al budidaya jamur,,
    tolong bntu saya dong,,,
    gmna cara penanaman jamur yg efektif n minyak tadi utk apa y...
    mohon bantuannya,,,
    zevri37@yahoo.co.id

    BalasHapus
  46. Pusat Pelatihan jamur di sekitar Ibukota..:

    1.Pelatihan jamur Merang
    2.Pelatihan jamur Tiram
    3.Penjualan bibit
    4.Pemasaran

    contact person 081316371609 (Raden)

    BalasHapus
  47. Saya tertarik dengan budidaya jamur merang bagaimana mendapat kan bibitnya saya tinggal di ciputat tanggerang

    BalasHapus
  48. kalo temanggung cocok ga ya untuk budidaya jamur merang

    BalasHapus
  49. Habitat hidup jamur merang :
    - Ketinggian 50 s/d 500 dpl
    - Suhu 30 s/d 38 derajat celcius
    - Kelembaban 85 s/d 90%

    BalasHapus
  50. setau saya, pembudidayaan jamur merang bagi yg belum bisa (pemula) cukup sulit. sebelum tau karakteristik (sifat) dari jamur tersebut, seperti kandungan di dalamnya, zat yg membuatnya tumbuh kembang, dll. saya gagal 2 kali dalam jamur merang, karena pengetahuan yg minim, kurangnya persiapan, dan pemasaran kemudian saya sekolah jamur k cilamaya dan membawa pakar/ahli dari sana,
    alhamdulillah dari sekarang sudah berkembang selama 8 bulan, memang usaha yg menjanjikan, saya dari TASIKMALAYA. 085223380023 (Willy)

    BalasHapus
  51. Untuk wilayah jawa timur,,Saya petani pembibitan jamur,Untuk informasinya hubungi saya di
    081230065556 atau 031-91311994.Thanks

    BalasHapus
  52. gun...
    media jamur dari hampas sagu kurang maksimal bagaimana memaksimalkannya?

    BalasHapus
  53. kalo ada solusi email ke henrik.mulyadi@yahoo.co.id

    BalasHapus
  54. Pelita desa menyediakan bibit F3 merang, kuping dan tiram. www.jamur.webs.com ( 02749260031)

    BalasHapus
  55. sentral kumbung jamur merang jakarta menjual berbagai peralatan budidaya jamur merang
    . media tanam. bibit jamur merang. danmembeli jamur merang dalam jumlah besar harga bersaing.alamat. klp gading ujungf. 081388578986

    BalasHapus
  56. pelatihan murah meriah budidaya jamur kardus/merang jakarta,tangerang dst,,tinggal praktek..alat,bahan dan bibit sudah kami sediakan..cp 081316371609

    BalasHapus
  57. mas kolok bibitnya itu trsedia di mana saja,,.

    BalasHapus
  58. Pelita Desa menyediakan bibit F3 merang dapat kirim ke berbagai tempat. ( 02749260031)

    BalasHapus
  59. KAMI MENJUAL BIBIT DAN JAMUR MERANG SEGAR http://jamur-merang-kardus.blogspot.com/

    BalasHapus
  60. Step by Step Budidaya Jamur Merng wajib anda ketahui..
    TKP : www.sahabatjamur.blogspot.com

    BalasHapus
  61. kok pake disiram minyak tanah bknnya mmbunuh bibit itu sendiri maz ??????

    BalasHapus
  62. Wah saya juga berminat bisnis jamur merang...
    Visit http://wongbagus.do.am

    BalasHapus
  63. Kalo di daerah Muntilan - Magelang sangat cocok tuh... silakan di coba.
    Artikel juga bisa di cari di http://wongbagus.do.am

    BalasHapus
  64. bisa tolong bantu saya u/mendapatkan bibit dan belajar tentang jamur merang ya mas,saya tinggal di malang dan sangat berniat sekali u/budidaya jamur merang mohon batuanya trima kasih...udin(azawie_29@yahoo.com)

    BalasHapus
  65. kami menjual bibit jamur merang siap kirim keberbagai tempat di indonesia hubungi 02749260031
    http://www.jamurjogja-yohanessuprihatin.blogspot.com

    BalasHapus
  66. ada gak ya jual bibitnya di daerah palembang..

    BalasHapus
  67. pemasaran di indramayu ada ga ya

    BalasHapus
  68. bisa minta lebih detailnya gak? sumpah tertarik banget nih..saya di batam

    BalasHapus
  69. maaf,saya mau bertanya tentang cara membuat bibit jamur merang,harap hubungi saya di y417z@yahoo.com

    BalasHapus
  70. sertakan gambarnya/pic nya dong mas sains..jadi we bisa ngerti..maklum pemula mas sains

    BalasHapus
  71. PAKAI MINYAK TANAH TERUS DIBAKAR ?? NGAWUR NIH ARTIKELNYA..

    BalasHapus
  72. coba lihat disini aja
    http://www.penasaran.net/?ref=jeyeda

    BalasHapus
  73. low dikalbar cara pemasarannya bagaimana y?

    BalasHapus
  74. PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR MERANG Ala BJML.

    * TEMPAT :FARM JATIROTO, BELAKANG RSU JATIROTO, JATIROTO, KAB. LUMAJANG.

    * HARI / TGL : SENIN S/D RABU, 10 S/D 12 OKTOBER 2011,
    * ACARA DIMULAI : JAM 07.00 s/d 15.00 WIB
    * MATERI :
    A. PEMBUATAN KUMBUNG & STRUKTUR KELENGKAPAN BANGUNAN.
    B. PENGOMPOSAN.
    C. PASTEURISASI.
    D. PEMILIHAN & PENEBARAN BIBIT.
    E. PERAWATAN.
    F. PASCA PANEN.
    G. SESI TANYA JAWAB.

    BIAYA : RP 500.000/ORANG (AKOMODASI, PENGINAPAN DAN KONSUMSI DITANGGUNG PESERTA).

    BATAS AKHIR PEMBAYARAN TGL 5 OKTOBER 2011
    PEMBAYARAN KE NO.REK BNI AN ERLITA SUSI: 0027263335.
    BAGI YG TELAH TRANSFER, SILAHKAN SMS 4 ANGKA TERAKHIR REKENING DAN NAMA PESERTA KE NO : 0813 3370 3870.

    BalasHapus
  75. aryo


    mau tau cara budidaya jamur merang media kardus dan jerami datang saja ke tempat pertanian saya ada 6 kumbung jamur merang media jerami dan kardus 4 kumbung, t4 saya juga menerima jamur rekan2 petani jamur dgn harga 20000/kg dlm bentuk awetan blencingan hub 085229881110 ngawi jatim bagi yang berminat datang saja dan buktikan..........

    BalasHapus
  76. wah wah wah, kalau nanam jamur dengan disiram minyak tanah itu apakah anda sendiri sudah pernah mencoba atau hanya teori saja ya. itu berbahaya untuk pertumbuhan jamur.usahakan coba dulu jika ada teori, baru disharingkan. mudah mudahan menjadi bahan koreksi.

    BalasHapus
  77. Klo ada yang tau cara budidaya jamur merang dari proses pengomposan sampai panen, tolong kasih tau saya. saya dah coba berkali kali tapi gagal trs. bisa kirim ke email: ssriyanto90@yahoo.com
    trimakasih...........

    BalasHapus
  78. Nice blog, btw ko banyak spam yah...?

    BalasHapus
  79. Makasih,..pengen coba ah dihalaman belakang

    BalasHapus
  80. Mas Aryo. . Alamat anda dimana. Boleh g belajar di tempat anda? Suwun..

    BalasHapus
  81. Mas Aryo. . Alamat anda dimana. Boleh g belajar di tempat anda? Suwun..

    BalasHapus
  82. saya rasa teknik spt itu cuma buat iseng-iseng aja, bukan dlm skala usaha...

    BalasHapus
  83. saya dari kendal semarang dimana saya bisa mndapatkan bibit jamurnya mmohon petunjuk,,,,nie emailq,,,briyangockil@ymail.com,,mkcih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemesanan bibit jamur merang. Jamur tiram dapat di email ke kristaekajulianto@gmail.com

      Hapus
    2. Pemesanan bibit jamur merang. Jamur tiram dapat di email ke kristaekajulianto@gmail.com

      Hapus
  84. q ingin mencoba,,,tpi gmn cara ny,,,,ada yg mw mebimbing saya,,n beli bibit x d pekalongan dmn?087731039288

    BalasHapus
  85. artikel ngawur. apa sekalian pake pertamax, aja drpada minyak tanah?????

    BalasHapus
  86. terima kasih infonya. kalau disertai gambar, akan lebih jelas lagi:)

    BalasHapus
  87. ini yg bikin tulisan tinggal kopas doang tanpa praktek, gak ada pertanyaan yg dijawab...palagi yg pake minyak tanah tuh

    BalasHapus
  88. pakai produk kami, bregadium. pertumbuhan akan semakin cepat dan hasil dapat maksimal.
    info www.bregadiumstore.com
    thanks

    BalasHapus
  89. gan tahu buat bibit,, tapi dengan cara rumaahan ???

    BalasHapus
  90. kalo mau tahu cara menanam jamur merang kardus dan bibit nya hub saya ebio farm edh_bu@yahoo.com

    BalasHapus
  91. Sedikit informasi buat yang lain, ini aku ada info mengenai budidaya jamur merang lumayan lengkap, silahkan lihat di jamur-merang.com

    BalasHapus
  92. mantap saya dapat pencerahan. Terimakasih ya dah mau berbagi ilmunya...

    BalasHapus
  93. jamur payung yang dimaksut untuk pembuatan bibit jamur merang itu dimana bisa di dapat dan klupun di cari2 biasanya tumbuh dimana ya pak mohon penjelasannya ...trimakasih

    BalasHapus
  94. Assalamu'alaikum................
    da yang bisa membantu saya tuk memberikan cara yang detail tuk membudidasyakan jamur tiram, jamur meram dll.................
    kami8 mohon dengan sangat....

    BalasHapus
  95. Belum pernah dipraktekan atau sebetulnya ngajak kursus.
    Pernah beli buku ttg martabak ternyata resepnya ngibul. Jujur aja kalo mmg kursus.

    BalasHapus
  96. minyak tanah????? pungsinya untuk apa???? tolong jelas kan... klo tuk ngebakar jerami gx usah pake minyak tanah..

    BalasHapus
  97. Saat saya mau buka usaha jamur merang media kardus di batam, Ada beberapa media yang saat ini saya agak sulit mendapatkannya di kota batam,
    1. BIBIT UNGGUL,2. DEDEK, BEKATUL,3. MERANG
    Mungkin anda bisa bermitra dan jalan keluar, atau mungkin ada media pengganti untuk media Merang dan bakatul ? Atau anda menjadi penyedia ketiaga media yang saya perlukan, untuk dikirim kebatam ?
    sertakan harga - harga perkiraan untuk Rumah jamur 4 x 5 m dgn Rak 3 Susun ( 1m x 4,5m), silahkan hub saya 081372395051 atau email: callmesep@yahoo.com

    BalasHapus
  98. Wah artikel copas, salah lagi pake minyak tanah

    BalasHapus
  99. saya hyoyon.punya kumbung 2 'alamat kampung irigasi ds;cikondang kec;cibeber.kab;cianjur hasil produksi 1 kwintal per kumbung.kepada yang mau bisa atow yang akan pesan jamur sekala kecil hub;087720380225

    BalasHapus
  100. ini artikel abal abal,ditanya apa fungsi minyak tanah,bisu gak bisa jawab,.....ngawur,tanaman apa yang kuat ama minyak tanah,ngawur

    BalasHapus
  101. segeralah bertobat

    BalasHapus