Senin, 22 September 2008

Cara Membuat Sabun Mandi

Nie posting buat temen-temen yang mo mandi tapi gag punya duit buat beli sabun..hehe.. nggak kok buat kerajinan tangan
Bahan :

caustik soda 38 Be 400 gr
susu murni 200 cc
dextrin alba 30 gr
garam 4 gr
minyak serai 25 cc
bibit minyak wangi(selera)25 cc

kesumba warna secukupnya
minyak kelapa 1 lt
minyak lemak sapi 200 cc

Cara Membuatnya :

1. Larutan cautik soda dicampur dengan susu murni dan air bersih di tempat yang bukan aluminium, direbus hingga mendidih

2. Minyak kelapa dilarutkan dengan minyak lemak sapi di campur merata dan dipanaskan

3. Campuran no.1 yang sudah mengental dicampur dengan larutan larutan no.2 lalu diaduk hingga mengental

4. Masukkan Dextrin Alba, minyak rosa, kesumba warna, dan bibit minyak wangi, aduk hingga merata

5. Masukkan campuran tersebut ke cetakan (bentuk sesuai selera), diamkan beberapa saat hingga mengeras. setelah mengeras, maka dikeluarkan

jadilah sabun mandi...

13 komentar:

  1. ilmu yang bermanfaat nih...trus beli caustik soda dan dextrin alba di mana...? Bukan di toko listrik khan...he33x

    BalasHapus
  2. kamu bisa beli di toko kimia terdekat..gampang kog cara dapetnya..

    BalasHapus
  3. susu murni? susu yang buat minum itu?
    minyak lemak sapi belinya dimana?
    minyak serai beli dimana juga?

    *penasaran mode on*

    boleh minta diinfo ke email ini ga?
    telisa@gmail.com

    nuhun...

    BalasHapus
  4. Kalau bisa dicantumkan juga dong harga-harga bahan pembuatnya. Sekilonya berapa, se-onsnya berapa, seliternya berapa gitu.

    BalasHapus
  5. pak wo . . . karangan eksposisi tu gmn . . .

    BalasHapus
  6. hi... ak pengan belajar serius nich
    kalo gambar/foto dari awal pembuatan gitu gak ada ya???sorry menyusahkan...
    minta di info juga
    caustik soda
    dextrin alba
    minyak lemak sapi
    dapetnya dimana?and harganya berapa?
    sorry merepotkan lg...
    (valentine_anti@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  7. hai..

    resepnya ok banget tanpa minyk kelapa sawit ya..

    pertanyaannya sama dgn temen temen yg lain..

    lemak sapi iti,didapat dari mencairkan sendiri dr lemak sapi betulan (gajih) apa ada yang jual jadi?

    BalasHapus
  8. Ita Noor Khamidah18 September 2010 22.25

    Kalo ingin yang membuat aroma buah2an bagaimana? adakah perubahan komposisi?thanks

    BalasHapus
  9. MAAF yaa Mas tanya jg nih"
    susu murni? susu yang buat minum itu?
    minyak lemak sapi belinya dimana?
    caustik soda
    dextrin alba
    minyak lemak sapi
    dapetnya dimana?and harganya berapa?
    Kalau bisa dicantumkan juga dong harga-harga bahan pembuatnya. Sekilonya berapa, se-onsnya berapa, seliternya berapa gitu.

    tolong di balas yaa Mas di illah_2@yahoo.co.id

    BalasHapus