Sabtu, 30 Agustus 2008

Cara Mengobati Gusi Bengkak

10 gram tawas bersih dicampur 300cc air biasa dan sedikit pepermint olie dapat digunakan untuk obat kumur-kumur jika gusi bengkak.

Pengobatan tradisional:
5 lembar daun jarak, 1 sendok kapur sirih direbus dengan 4 gelas air. Setelah disaring, gunakan air tersebut untuk kumur.

Mengobati gusi yang bengkak juga dapat menggunakan 15 gram daun dan akar sereh, 20 gram kunyit, garam secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

96 komentar:

  1. Gusi bengkak???waduuuuh ga kebayang tuch sakitnya sampe2 makanan yang enak pun jadi ga mut dimakan.Biasanya sih tu gara-gara kekurangan vitamin C.Kalo ada yang pernah ngalamin gusi bengkak,,coba makan aja VITACIMIN, Insya Allah mujarab tuchhh,,,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ..obat ato apa itu??harganya brp??

      Hapus
    2. o gitu ya????? gusiKu ni lagi sakit... remuk redam rasana...

      Hapus
  2. makasih tips ny, segera ku coba!!
    bis kbetulan gusi ku lg bengkak... awalny sakit gigi aj.. ehhh ga taunya.. BENGKAK!!

    BalasHapus
  3. sebenarnya aku udah sering sikat gigi dan aku rasa juga udah bersih tapi kenapa ya masih bisa bengkak?yaudahlah aku coba dulu...

    BalasHapus
  4. adoh........... gusi benkak tuh ciri2zx apa ya

    BalasHapus
  5. Tips yang keren...terimakasih sob...artikel yang sangat bermanfaat untuk banyak orang... ^^

    BalasHapus
  6. Ngomong2 gusi bengkak... detik ni gusi sy jg lg bgkak hikkksss....
    Gara2 gigi bungsu mau tmbuh tp cuma kuar 1/2 doank, sbnrnya uda dr bln lalu tmbuhnya trs akhir2 ni gusinya bgkak lg deh huh....
    Pengobatan yg sy jlning skrg, emmmm..sy cb kumur2 air garam, gusi yg bgkak tsb sy lumuri garam, da pk obt khusus jg yg bt mengobati gusi bgkak. Tp alhasil msh ttp aja...walaupun ketika gusi tcb dilumuri grm ato dkumur sdh agk kempesan dkt ^^ mgkn gr2 bdn krg fit+pns dlm jg x yh :(

    BalasHapus
  7. apes bgt ya kena gusi bengkak
    mana g enak bgt lagi kalau mau makan sesuatu
    obat yang sangat mujarap bgt apa ya???

    BalasHapus
  8. parah,,gak kebayang sakitnya,,w dah hampir 2 bulan ngerasain nya,,sampai detik ni jg belum sembuh,,reda-kambuh,,reda-kambuh,,begitu terus,,obat apa aja dah di coba,,dari obat apotik sampai obat warung,,dari minuman ringan sampai minuman keras,,gak jg sembuh,,w coba deh resep ente sob...

    BalasHapus
  9. aduh gw jg kena gusi bengkak neh.
    sakittt bngt.
    hiks"

    BalasHapus
  10. gw juga bengkak ne gusi,,,apeeesss daahh,,,kataflam gak mempan,,terpaksa tradisional deh,,

    BalasHapus
  11. kasian sekali yach klo sakit tu gusi, klo ngak tahan gantung diri aja... Biar slesai tu penderitaan. Ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha
      saran yG sangaaatzz baguuzz.

      Hapus
    2. ASU KOE....mODAR DEWE KONO...

      Hapus
  12. ARGGGHHHH!!
    Pipi w jg ikutan bengkak!!
    ampe di ejekin SINCHAN!!

    BalasHapus
  13. aduhhhhh,,,,,, sakit banget klu gusi bengkak,,,,

    BalasHapus
  14. yah... itu sih dah biasa klo mw nyembuhin gusi bengkak dengan cara yang manjur simpel dan gak repot

    1.siapin tang dan paku
    2.tusuk gusinya yg bengkak dengan paku
    3.getok pakunya pake tang
    nah..udah gusi yg bengkak kempes atau bisa jha betus
    dengan cara yg tadi semoga gusi anda sembuh
    amin.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. GEMBLUNG KUE, jajal ngrasakna....

      Hapus
    2. mksh tipsnya,, itu adalah tips tergoblog yg pernah aku baca.....

      Hapus
    3. mohamad restu15 Juli 2012 06.46

      klo gitu itu mah bisa ngebunuh

      bknnya sembuh tapi malah tambah bengkak

      Hapus
    4. orangana pendidikane blabar pisan

      Hapus
    5. itu saran org yang sudah kena saraf gigi dan otaknya...!!!

      Hapus
    6. ASU KOE....mODAR DEWE KONO...

      Hapus
  15. Gusi saya saat ini lg bengkak. ampuuuunnnn sakitnya gak ketulungan. mulanya sih saya kira cm sakit gigi biasa, tp pas liat dikaca gusi bagi dalam di gigi geraham rupanya bengkak diantara gigi yg laen. saya pake ponstan buat ngeredain sakitnya, tp gusinya tetap bengkak.

    BalasHapus
  16. aduh gigi gua bengkak nie , td bya sie cuma sakit gigi biasa ekh ekh tau tau nya malah bikin pipi nd guasi gua bengkak . tidur gk bisa dikit dikit bagun , makan pun gk bisa udh 3 hari nie gua gk sekolah ,
    mudah mudah berhasil ya tips ya di kasih kali ini

    BalasHapus
  17. thank's atas tips nya,,
    smga cepet sembuh

    aminnnn

    BalasHapus
  18. gusi w jg lg bengkak nie..sariawan jg,pertama c..sariawan dulu..eh..trz gusi ikut2an bengkak..ampun deh wat makan g enak bgt..jd g nfsu makan..walaupun makanan na enak...hiks..hiks..

    BalasHapus
  19. huuhh sebel bgt nih,,, gusi gw bengkak nie,, jadi susah makan,,,,, ngomong pun malezzz,,,

    BalasHapus
  20. kalau udah terlanjur bengkak, cara ngempesinnya gimana ya? aku juga sedang menderitaaaa

    BalasHapus
  21. Huaaaahhhh,,,sama niehhhh...gusi aku jg lg bengkak. awalnya gara" gigi geraham mau numbuh cm baru setengah, tp lama" malah gusi yg kegigit terus"an jd ajah bengkak n cenat cenut gag jelas...Okehhh dech tips'y aku coba...moga" berhasil...

    BalasHapus
  22. wa ternyata bukan w z yg kena penyakit yg sama. Huhhh atit ya... Gigi w belubang mw di cabut sayang tkut ompong ... di sayang 2 malah ngelunjak bikin bengkak. Hehe.. Tq share nya .. W coba dech... Moga z bisa sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pipi q jg lg bengkak nieh,,,,sampe lesung pipi nya ilang,udah coba bnyak obt gx mempan tp yg namanya portas itu apa?

      Hapus
  23. adoh.. gw juga ikut2an bengkak nih..
    sampe2 ga bisa tidur..
    Rasa nya cenat cenit kaya sma'sh..

    BalasHapus
  24. Sakit bgt klo gusi bengkak , sariawan sampe enem biji pula .
    Ga napsu makan :(

    BalasHapus
  25. huhh gusi bengkak mmang bkin selera mkn turun, mn cenat-cenut yg ngk brenti2.

    BalasHapus
  26. aaa gusi gw juga bengkak nih makan gak enak ngomong jadi sakit tidur gak nyenyak

    BalasHapus
  27. Ternyata banyak juga yang senasib sepenanggungan sama ane.. Hikss, sakiiit. Ngunyah makanan pun jd super putri Solo...:'(

    BalasHapus
  28. gusi gw juga lagi bengkak nih. Tapi kalo gw gusinya nggk sakit. cuman bengkak doang dan gw gk tau cara nyembuhinnya. huhuhu bantu gue plissss. bikin pipi gw jadi gede sebelah soalnya ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama kaya aku itu,, ini resepnya aku dah coba caranya cataflam + antibiotik , vitacimin,minum teh pahit hangat, kumur air garam setiap pagi, gosok gigi setiap abis makan + kumur2 dgn betadin kumur. olesin minyak kampak di pipi yang bengkak,
      ini juga ber guna buat yang gusinya sakit nyut2an,,, karena ane dah ngerain semua sumpah kaga enak,,, kalo kata orang dulu pas bangun tidur pagi umur2 pake air kencing, tap ane blm coba tp katanya mujarab. semoga bermanfaat
      oya 1 lagi banyak makan apel

      Hapus
  29. Waduh Gusi ma2ku bengkak sudah di beliin obatnya ternyata gak ada yg cocok..untung ada di gogle resepnya.thank,s google....

    BalasHapus
  30. hani hani sibarani26 Agustus 2011 10.54

    Saya sudah hampir seminggu ngalamin gusi bengkak,gara2 numbuh gigi graham bungsu.Sakitnya minta ampun,bahkan sampai skrg blom kunjung sembuh juga.Saya hanya minum cataflam 3x sehari,untuk menghilangkan rasa sakit sementara.Saya tidak tau sampai kpn gusi saya baru sembuh“Saya akan mencoba tips diatas n mudah2an sembuh!Thx atas infonya!GBU

    BalasHapus
  31. aku juga ge sakit-sakitan niiii di atas gigi seri jadi goyang2 mo copoy :'(

    BalasHapus
  32. aduh chhakit dech rs nya gusi bengkak ampe temen gwe blang makanya sikat gigi donk obat nya daun sirih ber urat diperes lalu disaring lalu dikumur

    BalasHapus
  33. wedew, guaa jg bengkak ini..
    sakit bgt ..
    ternyata bengkak ini pengaruh jg yaa kee kepala, jd kadang2 kepala gw pusing ..
    yaudaa, ni obat gua cbaa dech, mudah2an manjur dgn cpat yaaa .. hiks hiks hiks ..

    BalasHapus
  34. mksh akan ku coba :)

    BalasHapus
  35. sama bro....bengkak.we tusuk aza pk peniti.langsung seh kempes...

    BalasHapus
  36. gusiku bengkak..pipiku bengkak..
    sakiiiitttt bgt..cenut-cenut..huhuhu..
    mana lg ujian mid smester..tersiksa bgt..e

    BalasHapus
  37. saya juga dulu pernah menderita gusi bengkak. sakit banget, moga2 saya ga kena gusi bengkak lagi.

    BalasHapus
  38. Buat yang mengalami gusi bengkak, coba deh kumur-kumur pake air garam. Insya Allah manjur

    BalasHapus
  39. hadoooooeeehhh................................ kebiassan deh ni gusi bengkak !!!
    sebel guaaaa

    BalasHapus
  40. SEBEL.....................!!!!!!

    BalasHapus
  41. Gusi begkak sangat membahayakan apalagi sampai radang gusi,,,,gimana gan cara sembuhinnya,,,
    salam kenal...???

    BalasHapus
  42. DUHHH....
    kalo dah sakit gini ga bisa di kata lagi.
    semua obat penghilang nyeri dah ga manjur lagi jadi gimana doonggg ngatasi gusi yg bengkak sakitny sampai kekuping dan menjalar keleher nich.........

    derita banget.

    BalasHapus
  43. sembuhnya lama ga sihhh
    biar cepet kempes gmana

    BalasHapus
  44. Ya tuhaaaaan? Mana kerjaan gw bermodalkan ngomong, eh ini gusi bengkak sakit bangeeeet, cenat cenut teu puguh, ga bisa tdur, makan ga enak, gw udah coba kumur2 puyer 16 tapi ga ngefek, huuuuuu (˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ)

    BalasHapus
  45. Aduhhhh...menderita bgt klo skt gigi apalagi sampe gusi bengkak....aku udh bnyk minum obt tp sm sx gak ngefek....ya smg tips diats dpt brmanfaat ya.....thx google

    BalasHapus
  46. haaaaiiiks,,, bdan gx enak, mkan gx enak, tdur gx nyenyak,,,, semuanya gara2 gusi bengkak,,,
    dasar nui gusi,,,, kpan ilangnya,,,, clearin dunk mslh w nui,,, tlong sobat,,,,,,

    BalasHapus
  47. banyak lah mkan ketimun,,,, ktanya ce mujarab, tp klo gk dcob gm akan tau,,,,

    BalasHapus
  48. haduuhhhh,, ni gusi gua lagi bengkak juga gan... mulai dari kemaren nih,, sekarang bengkak,, apa lagi gua harus nahan laper berjam jam gag enak banget buat makan,, T_T ... TQ infonya ntar aku coba,,, ^_^

    BalasHapus
  49. gusi gw skit bgt nee...

    BalasHapus
  50. semua obat dokter gg mempan , sembuh sesaat doang.
    dah semnggu ni gusi gw bengkak, pipi pun jdi bengkak sebelah. gg sembuh" jg.
    aduhhh help meee ;(

    BalasHapus
  51. SAKIT gusi bengkak itu sumapahhhh gak bisa ngapa"n... udh beobat sna sni jga ttp aaja sakit ...

    BalasHapus
  52. Umur Saya Sekitar 16 tahunn, tapi saya memiliki fisik yang kecill.
    terus aku sakit gusi dan periksa ke dokter,, katanya gigiku masih gigi susu, padahal di usia ku tuh udah bukan gigi susu lagi,,jadinya harus gmana ya,,
    ada tipsnya ga,,,.

    BalasHapus
  53. Sya jga nglamn yg sma. .
    Mlahn inie udah brmnggu2 gk smbuh2. .klau udah mlam kpala,telinga jga ikut skit gra2 gusi. .gmn nie apa bsa dsembuhn

    BalasHapus
  54. ya neh Gusi q juga lagi kambuh n merah merona, tapi sakit banget, padah rajin sikat gi2 n kumur2 pake obat kumur, rasanya kepala juga pusing berat banget,cz sakitnya menjalar kemana2

    BalasHapus
  55. gusi bengkak mpe brdrh ne......wedew...dh 2 hari g smbuh2......
    btw thanks bgt ni sarannya.......

    BalasHapus
  56. sm gusi gw juga bengkak, penyebabnya krn giginya berlubang dan ada tambalan yang retak.Seharusnya tambalan dibuka dan diobatin..O ya saran gusi yg retak jangan dianggap remeh, krn tmn gw pernah menyepelekan gusi bengkak.ternyata nanahnya dibawah akar gigi itu sudah hampir menyerang paru2 dan jantung, utnutng aja ketolong.Akhirnya musti operasi dan sedot nanahnya..so jangan anggap remeh kalo gusi bengkak, segera periksa dokter gigi

    BalasHapus
  57. gusi gue bengkak karena gigi geraham berlobang.sakitnya gak ketulungan..Tolong dong kasih tipsnya...thank's

    BalasHapus
  58. SAMA TUHH ,, GARA2 GIGI GRAHAM BERLUBANG...
    HADEEEHHH GAK KUAT RASANYA

    BalasHapus
  59. udah 3 hari ini gigi sakit di sertai gusi bengkak juga tenggorokan sakit buat nelen.. gara2 tumbuh gigi bagian nbelakang sakit sekali rasanya sampek gak bisa tidur tiap malem cuba isa nangis aja... apa ya kira2 obat yang bisa mengatasi keluhanku ini makasih

    BalasHapus
  60. guis gw bengkak tapi gk terasa sakit.. adanya tonjolan pada rahang bawah bagian kanan .. pernah juga bbeerapa kali mengalami gitu.. memang gk sakit kepda gigi.. gw udah ngobatin dengan memencet bagian bengkak sehingga pecah.. dan keluar nanak sedikit.. namun harus menahan saikit. tapi besoknya gusi gw kembali kempes dan normal.. nah skrng gw ngalami lagi.. tpai gw pencet gk pecah." amp gw tusuk" gk leduk." sakitnya gk tahan

    BalasHapus
  61. gara" gusi bengkak dikira habis tawuran. . Hohoho

    BalasHapus
  62. sakit nih gusi bengakak ,gara2 gigi geraham numbuh baru separuh :( ..ya Alloh sembuhkan ane

    BalasHapus
  63. sial gusi gue bengkak sakit amat ni pipi ampek kembung..coba dulu tips nya...

    BalasHapus
  64. minum c a t a f l a m. Beli di apotek harga nam ribuan. Lumayan sakit gigi / gusi bisa reda.

    BalasHapus
  65. cataflam yg 50 mg.

    Trus sempatkan: Ganti sikat gigi dgn yang baru dan lembut, kumur2 dgn air garam. Segelas air putih hangat dicampur garam 1 sendok kecil saja. Kumur2 20 detik. Inget ya, air jangan keminum atau diminum. Hanya kumur2! Usahakan garam dapur beryodium. Moga bermanfaat ... D a a a a a h ...

    BalasHapus
  66. Moga saranya bisa di buktikan..
    aq coba yahh..
    kebetulan ni lg sakit gigi...

    BalasHapus
  67. derita gue malam ini gan " Gusi gw bengkak " kurang vit C+habis makan nasi bebek.jd kumat bgni :(

    BalasHapus
  68. aww sakit banget huhu tiap tidur malem pasti nangis gmna donk mkn obat g sembu

    BalasHapus
  69. sakiitt...kmrin biz yg sblah kanan ni pindah yg kiri...pdhl gigi geraham yg paling blkang gk da fungsiny akibat adanya evolusi.knp msti tmbuh,, ampuunn...sakiitt bgt ^_^

    BalasHapus
  70. http://www.ramuanku.com/products.php?cid=16

    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=12

    BalasHapus
  71. akhu udah sakit gusi bengkak seminggu,, dah tx periksa ke dokter tp blm smbh juga

    BalasHapus
  72. aduh ane juga kena gusi bengkak nich. tq infonya.mudah2an berhasil yee.amiiin.

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. kalo gua memang sakit gigi n lagi bengkak diatas gusi sampe muka gua kelihatan sudah berubh gimana caranye untk sembuhkan,tolong bantuain gua...

    BalasHapus
  75. huadooooooooooooooohhhhhhhhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  76. sama ne lg bengkak gusi juga,blm sembuh2 udah 2 bulan..kalo di tusuk kempes sih,,tapi klo ngunyah makanan bengkak lagi,,help mee

    BalasHapus
  77. Jempol kaki temen gue bengkak nich akibat nendang tiang listrik. help..help

    BalasHapus