Rabu, 27 Agustus 2008

Cara Membuat Sabun Colek

Cara Membuat Sabun Colek (Cream Detergent)
Bahan :
1.Marlon 200 gr
2.CMC 25 gr
3.Soda ASH 50 gr
4.STTP 50 gr
5.Caustik soda 15 gr
6.OBA/pemutih 15 gr
7.Air Bersih 1,5 liter
8.Kesumba warna secukupnya
9.Bibit minyak wangi 5 cc
10. Water glass 100 gr

Cara Membuat :
1. Masukkan coustik soda dalam 1,5 liter air bersih hangat dilarutkan dan diadukmerata dalam ember plastik 1.


2. Masukkan STTP sedikit demi sedikit kedalam ember 1 tersebut diaduk merata. Masukkan soda ASH dan OBA sedikit-sedikit dan dilarutkan.

3. Ember 2 masukkan Marlon dan CMC diaduk hingga merata

4. Larutan ember 1 dimasukkan kedalam ember 2 diaduk hingga merata

5. bahan 8,9,10 dimasukkan kedalam campuran di atas.

6. jadilah sabun siap pakai

49 komentar:

  1. Tolong dong sekalian dijelaskan apa sih itu STTP, CMC, OBA dll. Apa nama pasarannya dan dimana bisa didapatkan. Apa ditoko kimia, apotik atau swalayan? Aku tunggu lho jawabannya. Thanks a lot.

    BalasHapus
  2. Kalo di jelasin sih susah....kalo aq dulu bikin itu...tinggal tulis resepnya langsung bawa ke toko kimia terdekat... nanti kamu pasti langsung dapat 1 paket bahan-bahan tersebut....dan harga juga lebih murah..

    BalasHapus
  3. makacih banyak ya atas infonya, udah lama banget aku pngen tau caranya,dan sekarang baru dapat!!!aku mau langsung coba neh, semoga aja berhasil doain aku ya...!!!!
    Trims

    BalasHapus
  4. apa ada di apotik terdekat

    BalasHapus
  5. Ada..tapi kayaknya lebih baik kamu cari di toko kimia ajah...

    BalasHapus
  6. yang kayak gitu aku dah biasa.nih belum tahu to cara bikin sabun mandi batangan lihat saja infonya di http://herbaqu.blogspot.com disana kalian bisa bikin lulur dll

    BalasHapus
  7. makaci boss atas infonya semoga bermanfaat....

    BalasHapus
  8. dengan reseo itu , bisa berapa kilo sabun jadi yang kita dapet/ hasilkan....

    BalasHapus
  9. wah....tip yang sangat membantu dan berharga..thanks

    BalasHapus
  10. Kenapa waktu larutan ember 1 dimasukan ke larutan ember 2, timbul busa yang banyak banget. Lagipula, kenapa hasilnya malah encer banget, engga seperti sabun colek umumnya?

    BalasHapus
  11. Kalo mau gampang datang aja ke toko kimia bilang mau beli bahan sabun colek satu resep, mereka sudah tahu bahkan mereka akan kasih juga cara membuatnya.
    saya baru beli kamarin per satu resep rp.27.500,- jadinya kurang lebih 4 kg.

    BalasHapus
  12. belinya di toko kimia lokasi mana tuh.. saya di jkt, ada yg tau toko kimia di jkt dmn.. tq

    BalasHapus
  13. klo di semarang alamatnya toko kimia dijalan mana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. di semarang ada tuh di toko kimia indrasari. di daerah stadion. di sekitar kantor BPN ntar tanya aja toko indrasari

      Hapus
  14. apakah tepol juga termasuk bahan untuk membuat detergen

    BalasHapus
  15. marlon itu apa ya? ABO itu apa ya? bisa disebutkan nama bahan kimianya apa? trims

    BalasHapus
  16. bisa di jelasin ga manfaat nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa bos berguna segala macam misalnya:
      1.Untuk Masturbasi
      2.Untuk bunuh diri
      3.untuk gantinya mentega kalo suka

      Hapus
    2. hahahhaha... yg nanya oon bgt, oon pertanyaanya apa emang oon orangnya. wkwkwkwk
      jawaban nya mangstaBB!!

      Hapus
  17. usaha laundry , bisnis laundry , deterjen laundry , waralaba laundry , franchise laundry , softener laundry , pewangi laundry

    BalasHapus
  18. boleh tahu alamat n no tlp toko kimia. mau buat kegiatan kecil2an ma ibu2 kampung. thks be4

    BalasHapus
  19. semarang : toko kimia indrasari, belakang stadion diponegoro

    BalasHapus
  20. mas mau nanya nech, untuk melembekkan sabun colek yang menggumpal dan kering gmn caranya. apa pengolahannya pake bahan kimia jg. jelaskan ya mas. tanks

    BalasHapus
  21. kalau pake bahan - bahan yang di atas sudah pasti HPP nya tinggi.kalau mau dibuat produksi pakai bahan - bahan yang pokok-pokok saja..STPP, CMC bisa dihilangkan cuma cara pengolahannya sedikit berbeda.kalau mau yang bisa dipakai untuk jualandisa hubungi saya di emeil ini.feryyudi@yahoo.com

    BalasHapus
  22. eh mas , di aLamat we kok gak ada ya yang menjeLaskan tentang marLon ,CMC , STTP , kaLau tau boLeh kasih tahu apa aLamatnya ?? , makasih .

    BalasHapus
  23. tolong jelaskan kegunaan bahan2 pembuat sabun yang anda tuliskn...
    terima kasih

    BalasHapus
  24. 1.Marlon 200 gr ===>> sebagai penghasil busa.
    2.CMC 25 gr ===>> pengental
    3.Soda ASH 50 gr ===>> anti noda
    4.STTP 50 gr ===>> penyubur tanah dan tanaman (hasil limbah sabun nantinya)

    5.Caustik soda 15 gr ===>> soda api, gak ngerti nih buat apa. Yg pasti menghilangkan lemak.

    6.OBA/pemutih 15 gr ===>> ya sebagai pemutih, sabun colek biasa warnanya butek.

    7.Air Bersih 1,5 liter ===>> pelarut

    8.Kesumba warna secukupnya ===>> pemberi warna

    9.Bibit minyak wangi 5 cc ===>>> parfum, pemberi aroma.

    10. Water glass 100 gr ===>> ini gak ngerti.

    BalasHapus
  25. nama panjang STTP dan OBA (pemutih)itu apa yah? trus water glass itu nama kimianya apa dan bentuknya gmn?

    BalasHapus
  26. kalau di solo Toko Bahan kimia di mana ya? Mungkin Anda punya Koneksi di Solo Toko apa?

    BalasHapus
  27. wah bagus juga ni ide2nya semoga niat tulus anda dapat memberikan manfaat bagi kesemua sehigga indonesia semakin maju dan tidak ada yang lapar lagi amin.......

    BalasHapus
  28. makasiyah udah gasi tausaya

    saya maumencoba jadi wira usaha untuk membuat sabun colek jadi mata pencarian didesa saya
    doain berhasilya

    BalasHapus
  29. dimana ya toko kimia di sidoarjo?????

    BalasHapus
  30. Ad yg tw toko kimia d plg dg?

    BalasHapus
  31. ini jatuhnya lebih mahal/lebih murah ya? koq saya hitung" lebih mahal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terang aja lbih mahl org pas g' ad duit, cba lo' lg ad duit bnyk murhna g' k itung brow' ente lg bru mo bljr aj uda pengeretan kpn bs pinter luuuuuu' mera'bal bgt

      Hapus
    2. org tanya apa, lo jawab apa,... dasar ga menyimak

      Hapus
  32. 27.500 dapet 4 kg,sedangkan bu krim ekonomi 1 kg ny 5000,gmn dong?ada solusi?

    BalasHapus
  33. gue udah coba tapi hasilnya koq encer gak kayak sabun krim lainya
    kasih solusi donk plizzzz...

    BalasHapus
  34. kalo beli secara online bsa ga ya bahan2 diatas? pengen buat sabun untuk tugas KTI nih?

    BalasHapus
  35. sulitt nyari bhannya..........??????????????/

    BalasHapus
  36. pengertian sabun colek tuh apa ya ?
    trus kalo dlm sistem koloid termasuk kedalam jenis apa ? mohon dibantu ya

    BalasHapus
  37. Tidak memberikan komentar, tapi ingin tahu apakah ada yg memiliki data di mana dapat ditemui toko kimia di wilayah Sidoarjo? terima kasih

    BalasHapus
  38. hmmmm.......modal produk -+27rb tp hasil prduk-+ 20rb?????.....klo aku jalankan mau dpt uang lbh dr mana sbgai mata pncahaian?.......repott juga donk infoo nya?

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  40. yang mau usaha dari awal ya kita harus siap resiko dong.
    jualan sabun colek ataupun sabun cuci bisa dapat untung banyak jika niatnya juga banyak dan jadikan sebagai hobi saja...

    BalasHapus
  41. Ada yg tau g y toko kimia di palmerah jakarta barat. Kasih tau dong. Pengen coba nih. Makasih sbelumnny. Doain y biar manfaat

    BalasHapus
  42. saya mau coba buat sabunnya ni....apakah tmn2 da ada yg brhasil ga...?soalnya saya lagi nganggur abis2an ni

    BalasHapus
  43. Thanks.. dengan jelas aq menyimaknya..tpi aq blum mengrti jika barang itu kita jual lg untung ap buntung.. mungkin ad resep y lbih irit bahan..thanks

    BalasHapus